MEWUJUDKAN TNI ANGKATAN LAUT YANG KUAT DAN DISEGANI

Kamis, 21 Juni 2012

Keamanan laut

DIMENSI KEAMANAN LAUT 


Dimensi keamanan laut mengandung pengertian bahwa laut aman digunakan dan bebas dari ancaman atau gangguan terhadap segala aktifitas penggunaan atau pemanfaatan laut yang mencakup:

1)      Laut bebas dari ancaman kekerasan (Free From Violence Threat).     Yaitu ancaman dengan menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisir dan memiliki kemampuan untuk mengganggu dan membahayakan personel atau negara. Ancaman tersebut dapat berupa pembajakan, perompakan, sabotase obyek vital, peranjauan, dan aksi teror bersenjata.

2)     Laut bebas dari ancaman navigasi (Free From Navigational Hazard).    Yaitu ancaman yang ditimbulkan oleh kondisi geografi dan hidrografi serta kurang memadainya sarana bantu navigasi serta informasi pelayaran, sehingga dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

3)  Laut bebas dari ancaman terhadap lingkungan dan sumber daya laut (Free From Natural Resources Tribulation).     
Berupa pencemaran dan perusakan ekosistem laut, eksploitasi yang berlebihan xserta konflik pengelolaan sumber daya laut. Fakta menunjukkan bahwa konflik pengelolaan sumber daya laut memiliki kecenderungan mudah dipolitisir dan selanjutnya diikuti dengan penggelaran kekuatan militer asing.

4)  Laut bebas dari ancaman pelanggaran hukum (Free From Law Transgression Threat).Yaitu tidak dipatuhinya hukum nasional maupun hukum internasional yang berlaku di perairan, seperti illegal fishing, illegal logging, illegal migrant, penyelundupan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar