MEWUJUDKAN TNI ANGKATAN LAUT YANG KUAT DAN DISEGANI

Kamis, 14 Juni 2012

Perusak Kawal Rudal

Kemhan RI Tandatangani Kontrak Pengadaan 1 Unit Kapal PKR 10514

05 Juni 2012


Kapal PKR10514 rancangan Damen Schelde (all photos : Defense Studies)
Jakarta - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) melalui Badan Sarana Pertahanan (Baranahan) secara resmi menandatangani kontrak pengadaan 1 unit  Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) 10514 dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), Belanda.
Kontrak ditandatangani oleh Kepala Baranahan Kemhan Mayjen TNI Ediwan Prabowo yang mewakili Kemhan RI dengan Director Naval Sale of DSNS Evert van den Broek yang dalam hal ini mewakili pihak DSNS, Selasa (5/6) di kantor Kemhan, Jakarta. Hadir dan menyaksikan acara penandatangan sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, Mabes TNI dan Mabes TNI AL. Hadir pula Dubes Belanda untuk Indonesia Tjeerd de Zwaan dan Direktur Utama PT.PAL Indonesia (Persero) Ir M Firmansyah Arfin.
Pengadaan Kapal PKR 10514 ini dalam rangka untuk memperkuat Alutsista di jajaran TNI AL guna mendukung tugas menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.  Disamping digunakan untuk tugas – tugas  tempur, Kapal PKR 10514 ini juga diperlukan untuk memberikan deterrent effect (efek gentar)  terhadap pihak manapun yang akan mencoba mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.


Kabaranahan Kemhan RI  mengatakan,  dalam pembangunan Kapal PKR 10514 ini, Damen Schelde Naval Shipbuilding melakukan joint production (kerjasama produksi) dengan PT. PAL Indonesia (Persero) selaku industri pertahanan dalam negeri.  Damen Schelde Naval Shipbuilding telah memutuskan untuk memberikan Transfer of Technology (ToT) dalam konstruksi desain dan pembangunan Kapal PKR 10514 kepada PT. PAL Indonesia (Persero).
Rencananya, Kapal PKR 10514  ini akan dibangun di tiga tempat antara lain PT. PAL Indonesia (Persero), Vlisingen dan Galatz. Terakhir Kapal PKR 10514 akan dirakit di PT.PAL Indonesia (Persero). Diharapkan, Kapal PKR 10514  ini sudah selesai dan diserahterimakan pada awal  tahun 2017.
Lebih lanjut Kabaranahan mengatakan,  ini adalah awal yang baik dari industri pertahanan dalam negeri khususnya  PT. PAL Indonesia (Persero) dalam mengembangkan kemandirian di bidang Alutsista.  Hal Ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemhan RI melalui Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang akan melaksanakan rencana induk revitalisasi industri pertahanan dalam rangka mendorong dan meningkatkan industri pertahanan dalam negeri.
Sementara itu, guna mendukung pengadaan Kapal PKR 10514 ini,  Kabaranahan Kemhan RI mengungkapkan pemerintah Indonesia mengalokasikan anggaran kredit eksport dengan alokasi multiyears dengan jumlah 220 juta dolar AS.


 


Vietnam Submarines

Vietnam to Buy Amur Diesel Submarines from Russia ?

05 Juni 2012

                                                Amur diesel submarines (photo : Rubin) 

Russia began to Vietnam to offer an upgraded version of the Kilo class submarines - Amur, this submarine is well suited for patrolling and fighting in the East Vietnam Sea.
According to analysts, if Vietnam could buy a fleet of Amur submarines, submarine forces of Vietnam will truly become a powerful force in the region.
Amur class submarines can also be equipped with missiles launched from submarines to attack ground targets, so it can fully protect all targets on the coast and the islands of the East Vietnam Sea South. Vietnam Navy can be a powerful force in the water in the South China Sea.
According to the Shanghai newspaper said Deputy Director of Military Technology Cooperation Russian design bureau that Ruby started looking for the export market for Amur diesel-electric submarines of the Russian. Being version submarine's inland with a number of submarines Lada in Russian Navy, the formation of the a force new combat underwater.
Deputy director of defense export company Rosoboronexport said Victor Komar said that Russia is committed to strengthening military cooperation and technology with countries in the Asia-Pacific region, especially in some Southeast Asian countries, Russia is considered the greatest potential for arms export market.
With Amur - 1650 Vietnam will help protect the most perfect national sovereignty of islands.
Victor Komar said that the 'partner in Southeast Asia, most importantly, Vietnam, Russia Vietnam is considered one of the most important consumers of defense. Vietnam has ordered six submarines from Russia's Design Bureau 'Ruby' development, submarine factory is located in St Petersburg, is expected to begin transfer operations in 2014.
There Amur submarines, Vietnam will be deployed in the South China Sea, a very intimidating force under water.
However, Vietnam can not simply take six Kilo class submarines. Mr. Komar said: 'Vietnam Navy they needed a fighting strength of higher than submarine Kilo urgent and must be set up in six or seven years, they can not just rely on the Kilo submarines. According to analysts, if Vietnam could buy a fleet of Amur submarines, submarine forces of Vietnam will truly become a powerful force in the region '.
The Russian defense export company is actively working contacts with Vietnam. To end this agreement, the company said that Russia will play the Amur submarines, while Vietnam's shipbuilding enterprises involved in the project can produce submarines.
Russia not only design but also give joint cooperation in the production process and provide training for Vietnam and some submarine building technology advanced.

Australia Submarine

Australia Kicks Off Submarine Replacement

07 Juni 2012


                                               Collins class submarine (marinesight)
CANBERRA (UPI) -- Australia's largest defense project got under way with the first meeting of government and industry leaders who will look at skills needed for the 30-year submarine project.
The Expert Panel of the Future Submarine Industry Skills Plan has begun consultations with defense manufacturers and educational institutions to identify the country's skills base within the ship construction supply chain as a prelude to tendering and production.
On the Expert Panel are senior executives from Australia's main shipbuilders ASC, Austal, BAE Systems and Forgacs Engineering as well as chief executive officers of major naval systems integration companies -- Lockheed Martin, Raytheon, Boeing, Thales, Saab Systems and BAE Systems.
Also on the panel are representatives from unions and the government's Department of Industry, Innovation, Science, Research and Tertiary Education.
Last month the government set aside $214 million for initial studies to determine the country's submarine building capability to construct the 12 ships, none of them to be nuclear.
The government is also looking at land-based test facilities.
"The Future Submarine Project is the biggest and most complex defense project Australia has ever embarked upon," Minister for Defense Materiel Jason Clare said.
"Hundreds of companies and thousands of workers will be required to support the construction of Australia's future submarines. The Industry Skills Plan will establish a road map to build and sustain the skills required to successfully deliver Australia's Future Submarine capability," he said.
The panel's terms of reference means it will be looking at systems design, naval architecture, propulsion and combat system engineering, production engineering, project planning and control, production scheduling, material procurement, risk management, budget control and financial accounting.
Also investigated will be Australia's supply of hard manufacturing and trade skills such as welders, boilermakers and electricians.
The government is considering the purchase of off-the-shelf ships from French builder DCNS, designer of the Scorpion, HD of Germany which builds the Type 212 and Type 214 submarines and from Nirvana in Spain, designer of the S-80 submarine.
In December the Department of Defense issued requests for information to DCNS, HD and Nirvana. It also signed a deal with Babcock for a study into a land-based propulsion test site, a report by Defense.com news Web site said.
But the government, in an effort to keep its six Collins class submarines updated until the new boats arrive, is talking with Swedish ship designer and builder Kockums to study obsolescence issues that may arise.
The Collins class submarines were built in the 1990 and 2000s and decommissioning will start likely by 2025.
Australia first set out its submarine replacement strategy in the 2009 White Paper Defending Australia in the Asia Pacific Century: Force 2030.
The fleet is being enlarged because of concerns over increases in the naval forces of Australia's Southeast Asian neighbors, in particular China which is in the process of introducing its first aircraft carrier.
(UPI)

Inhan

Industri Pertahanan



 
Tuesday, 29 May 2012 
             
             Salah satu upaya untuk mendukung kekuatan dan sumber ekonomi nasional yang lebih besar adalah dengan memasukkan indikator pengembangan industri teknologi pertahanan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam sejarahnya, bangkitnya revolusi industri di tahap awal banyak dipengaruhi oleh industri pertahanan. Karena besarnya jumlah pasukan militer yang terlibat konflik pada saat itu, pabrik-pabrik harus memproduksi senjata dan peralatan militer lainnya dalam jumlah yang sangat besar. Misalnya Inggris, negara ini merupakan produsen peralatan perang yang terbesar selama konflik dalam perang Napoleon. Mereka mengirimkan sebagian besar senjata ini kepada sekutu-kutunya, dan hanya memakainya sedikit. Perancis pada saat itu juga menjadi produsen peralatan perang nomor dua terbesar, yang memproduksi untuk kepentingan sendiri dan sekutu-kutunya. [Syamtidar, 2011 hal 177-178]
        
        Peran industri pertahanan di negara-negara di dunia, dalam perkembangannya, berkaitan erat dengan sistem perekonomian negara bersangkutan. Industri pertahanan menjadi model pioner pengembangan bagi berkembangnya industri-industri lainnya. Industri pertahanan selain untuk menunjang kekuatan militer negara bersangkutan juga diprogram menjadi aktivitas bisnis yang bernilai komersial untuk tujuan-tujuan pembangunan ekonomi. Industri pertahanan tidak saja menjadi monopoli negara maju pada pasca Perang Dunia II. Beberapa negara berkembang, seperti Brasil, Argentina, dan Afrika Selatan sudah mengembangkan industri pertahanan yang memproduksi berbagai peralatan militer yang tidak sebatas hanya senjata ringan dan amunisi saja. Bahkan sekitar tahun 1960-an, tercatat 27 negara yang diakui internasional mampu mengembangkan industri pertahanan dalam negerinya sendiri. Negara-negara berkembang yang memiliki industri pertahanan paling maju dengan produk militer terbaik antara lain adalah Brasil, Argentina, India, Israel, dan Afrika Selatan.  Sebenarnya saat itu Indonesia juga sudah termasuk dalam jajaran sebagai negara industri pertahanan bersama dengan negara-negara berkembang lainnya, yaitu Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Mesir, dan Meksiko. Rintisan industri pertahanan di Indonesia dimulai dari PT Pindad yang berdiri sejak tahun 1908.
[Kirbiantoro & Rudianto, 2010 hal 162-163]

               Untuk melepas ketergantungan alutsista dari pihak negara produsen, dan juga dalam rangka mempersiapkan perang modern di masa datang, tidak ada pilihan lain bagi Indonesia untuk segera mewujudkan pengembangan industri pertahanan dalam negeri. Untuk kepentingan tersebut, Indonesia bermaksud  untuk meminimalkan ketergantungan persenjataan buatan luar negeri. Pemerintah Indonesia sedang berusaha keras memberdayakan industri pertahanan dalam negeri guna melepas ketergantungan persenjataan dari negara lain. Salah satunya adalah mengembangkan kembali industri persenjataan dalam negeri yang selama ini sebenarnya sudah berjalan baik. [Kirbiantoro & Rudianto, 2010]

          Dari proses perjalananan industri Indonesia, membangun industri pertahanan tidaklah semudah membangun industri komesial pada umumnya. Indonesia dalam perjalanannya telah bercita-cita memperkuat industri pertahanan. Tahun 1970-an pemerintah orde baru telah menyadari bahwa Indonesia harus memperkecil celah ketertinggalan ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara maju. Namun dengan kondisi ekonomi Indonesia saat itu, agak sulit untuk mengimplementasikan sebuah pembangunan industri strategis pertahanan yang akan menyedot anggaran dan investasi yang besar. Walaupun berhasil, justru akan membuat Indonesia dalam posisi strategis dalam persaingan dengan industri pertahanan di tingkat global.  [Purwanto, 2011:408-410]

Karena itu pilihan jatuh membangun industri strategis komersial. Jenis-jenis industri strategis dianggap sebagai solusi mengatasi problem-problem pembangunan tersebut. Industri yang dianggap strategis saat itu adalah ; industri transportasi laut, udara, dan darat; industri energy; industri rekayasa dan desain; industri mesin dan peralatan pertanian; industri pertahanan; industri pekerjaan umum. Semuanya itu diwujudkan pemerintah dalam beberapa BUMNIS (Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis). [Purwanto, 2011:408-410]

            Program alih teknologi pada industri strategis dilakukan untuk mencapai suatu sasaran penguasaan teknologi tertentu, dengan tujuan membangun industri strategis menjadi industri yang mandiri dan menjadi tombak industrialisasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Dengan telah ditetapkannya wahana-wahana transformasi industri, maka sebanyak 10 BUMN Industri Strategis ditetapkan yang masing-masing memiliki kemampuan untuk anggulan tersendiri. Walaupun industri pertahanan menurun kondisinya, khususnya semenjak krisis ekonomi 1998, Indonesia telah memiliki dasar-dasar industri strategis yang dapat dikembangkan menjadi industri pertahanan yang maju. Secara embrional dan potensial, untuk merealisaikan pembangunan industri pertahanan tersebut telah dimulai, seperti yang telah dirintis oleh PT Pindad, PT PAL, PT Dirgantara Indonesia, dan beberapa industri terkait pendukung lainnya. Namun dukungan politik terhadap pengembangan kemampuan industri strategis tersebut masih harus diperkuat karena memang dibutuhkan biaya yang besar, terutama dalam riset. [Purwanto, 2011: 328]

            PT Pindad telah menghasilkan banyak karya, mulai dari senapan, peledak, panser, rudal, dan lain sebagainya. Masalah yang dihadapi Pindad adalah kesulitan menyusun proyeksi produksi dan prediksi kebutuhan pasar dalam negeri karena pemerintah belum memiliki perencanaan persenjataan yang dibutuhkan untuk jangka panjang sebagai acuan perencanaan untuk mendesain strategi produksi dan penggunaan teknologi yang sesuai dibutuhkan dalam rangka mendukung sistem persenjataan nasional. [Rekonstruksi Pertahanan Nasional : 167-170]

              Dalam rangka melepaskan ketergantungan kapal-kapal perang angkatn laut terhadap pihak luar negeri, PT PAL didorong untuk memproduksi kapal perang TNI AL. Kapal yang diproduksi seperti jenis Corvet dengan panjang 80 meter, kapal patrol cepat (28 dan 57 meter), kapal Frigate 2.500 ton, kapal penyapu ranjau 2.100 tahun, produksi amunisi. Terdapat sekitar 25 perusahaan dalam negeri ikut ambil bagian dalam mendukung penyediaan bahan baku dan suku cadangnya. Kerja sama dengan TNI AL mencakup banyak hal, termasuk dalam hal pengembangan kapal-kapal patrol cepat. [Rekonstruksi Pertahanan Nasional :170-175]

   Selain memproduksi pesawat  terbang secara umum untuk keperluan sipil, dalam aktivitas PT DI, terdapat divisi yang khusus mengembangkan industri pertahanan, yaitu memproduksi peralatan militer yaitu pesawat terbang, pesawat latih, helikopter dan sebaginya. Misalnya helikopter versi-versi militer NC-212 dan CN-235, pesawat latih, torpedo tipe SUT (Surface Underwater Torpedo). Pada divisi persenjataan, telah berhasil membuat peluncur NDL40 dan ADL40. Dengan menyadari manfaat yang signifikan dari industri pertahanan, pemerintah berkomitmen terhadap upaya pengembangan kemampuan pertahanan nasional yang bergerak dalam empat domain, yaitu : (1) daya gerak dan kecepatan, (2) daya gempur dan pelontaran, (3) daya pemandu dan kendali, serta (4) daya dukung dan perbekalan. Karenanya terobosan-terobosan harus dilakukan, khususnya oleh kementerian pertahanan. Dengan mengimplementasikan secara serius apa yang direncanakannya, yaitu :
 1. Rencana aksi yang bertujuan menyusun cetak biru bagi pembentukan Kekuatan Pokok Pertahanan (KPP).
2.  Rencana aksi yang bertujuan menetapkan kebijakan revitalisasi industri pertahanan.
3. Rencana aksi yang bertujuan menyusun skema anggaran multi tahun yang dapat mendukung pelaksanaan rencana-rencana strategis pertahanan.

Perlu disiasati untuk keluar dari jebakan minimnya anggaran negara perlu dicari berbagai alternatif pembiayaan, diantaranya dari alokasi belanja modal bagi sektor pertahanan dalam APBN, dari obligasi khusus yang dijamin pemerintah untuk memperkuat kapasitas industri pertahanan dan melalui pinjaman khusus dari konsorsium ban-bank nasional. [Purwanto, 2011:4 12]

Dengan memakai produk dalam negeri, TNI akan mengurangi ketergantungan membeli persenjataan dari luar negeri. Di era globalisasi, kemandirian seratus persen tentulah tidak mungkin, namun adanya industri pertahanan tetap memiliki manfaat yang cukup signifikan. Untuk mendorong kemajuan industri pertahanan di masa depan, selain industri yang dikelola pemerintah, harus mulai dibuka untuk menggandeng perusahaan-perusahaan swasta. Dan kebijakan pengadaan peralatan militer dari luar negeri hanya untuk barang-barang yang belum diproduksi di dalam negeri.

Rabu, 13 Juni 2012

Saran Industri pertahanan

Saran dari China untuk Industri Pertahanan Indonesia

 
       Salah satu pelaku industri pertahanan nasional China, Aerospace Long-March International Trade Co., Ltd (ALIT), mengatakan industri pertahanan Indonesia masih harus ditingkatkan performa untuk mendukung tidak saja pembangunan pertahanan tetapi juga ekonomi nasional.

"Bangsa yang kuat, dan mampu mensejahterakan rakyatnya tidak saja karena militernya yang kuat tetapi juga karena didukung industri pertahahan dan militer yang kuat," kata Wakil Presiden ALIT Yang Zhong di Beijing, Senin (28/5).

Ditemui saat menerima para perwira siswa Pendidikan Reguler XXXIX Sesko TNI, ia menuturkan industri pertahanan yang kuat tidak saja mendukung militer yang kuat tetapi juga berimbas pada industri komersial lainnya.

"Jika industri komersial berkembang maka pertumbuhan ekonomi akan jalan sehingga negara akan kuat baik secara militer, politik, maupun ekonomi," tuturnya.

Zhong menilai kebijakan Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono untuk merevitalisasi dan memberdayakan industri pertahanan nasional, sebagai kebijakan yang positif bagi tumbuh kembangnya industri pertahanan Indonesia di masa datang.

"Namun, kebijakan itu harus didukung dengan komitmen dan konsistensi yang kuat sehingga benar-benar berjalan dan efektif bagi industri pertahanan nasional bersangkutan. Dan yang terpenting adalah koordinasi dari masing-masing industri pertahanan harus berjalan, sehingga produk yang dihasilkan dapat sejalan dan sesuai kebutuhan," ujarnya.

ALIT merupakan salah satu industri pertahanan nasional China yang berdiri pada 2010 dengan memfokuskan diri pada ekspor impor peralatan pertahanan, anti terorisme dan anti huru-hara.

Namun didukung teknologi kelas dunia dan riset serta pengembangan, manufaktur yang memadai, ALIT akan mengembangkan diri pada industri luar angkasa bersama mitra dari mancanegara.

sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2...anan-Indonesia

Unmanned Aerial Vehicle

Uji Terbang UAV Dan Airborne Produksi Lapan

Tim UAV Pustekbang

Bertempat di Bandara Nusawiru, Pangandaran, pada tanggal 8 s/d 10, uji terbang dilakukan pada dua unit UAV hasil didesain sendiri yang di manufaktur oleh IKM (FADEX),  dan hasil didesainIndustri Kecil Menengah (IKM) yang dimanufaktur oleh para engineer dan teknisi Pustekbang (Zen 1). 
 
Serta dilakukan pula uji terbang Airborne RS dan Skywalker pada sesi uji terakhir. Selain uji terbang hasil desain dan manufaktur, diuji juga sistem avionic seperti: sistem navigasi dan control (way point test), sistem telemetri dan tracking (TTC) long range dengan Mobile TTC, data handling dan sistem payload camera lengkap dengan sistem gymbalnya.

Uji terbang sistem kendali navigasi arah (way point system) dilakukan pada R Botix system yang bersifat autonomous arah terbang dengan menggunakan pesawat Zen 1 yang memang didedikasikan untuk test bed sistem avionic. 

Pesawat ini berukuran sedang dengan kemampuan terbang sampai ketinggian 800 m, air speed hingga 90 km/jam dan endurance hingga 2.5 jam. 

Pesawat ini seterusnya akan digunakan untuk aplikasi nyata seperti untuk pertanian, mitigasi bencana, pemantauan iklim dan lain-lain, bergantung bagaimana sistem payload dan avionic yang akan dimuatkan  ke pesawat tersebut. 

Para engineer Pustekbang telah berhasil melakukan manufaktur Zen 1 setelah pada tahun lalu mengambil kursus untuk membuat ulang pesawat yang belum di beri nama tersebut di Bandung. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam dunia UAV di Pustekbang.

Zen1
Zen1
FADEX (First Aircraft Design Experiment) merupakan pesawat dengan enginee turboshaft yang diharapkan menjadi embrio untuk pengembangan High Speed Surveillance System (HSSS) yang mempunyai misi untuk melakukan pengintaian, pemotretan secara cepat dan tepat dan kembali dengan cepat pula. 

Dalam uji pertama FADEX dilakukan uji taksi-taksi untuk menguji kekuatan landing gear, kecepatan awal, maneuver sederhana secara ground test, dan tentunya menguji enginee secara terintegrasi.  

Dalam hitungan desain, pesawat ini diharapkan terbang dengan kecepatan minimal 160 km/jam, dengan kemampuan membawa payload hingga 12 kg. Dengan kondisi tersebut lama terbang (endurance) awal yang bisa dilakukan adalah sekitar 1 – 1.5 jam.

FADEX

FADEX
Fadex
Uji terbang Airborne RS dilakukan dengan memberi beban antara 10 hingga 15 kg. Pesawat Airborne RS ditujukan untuk mampu menerbangkan muatan Centralized Polarization-Syntetic Aperture Radar ( CP-SAR ) dengan berat sekitar 20 kg yang merupakan muatan experiment dari Chiba University. 

Pesawat dengan bentang hampir 3.5 meter ini berhasil take off dengan mulus, dan menjalani uji kesetimbangan terbang baik pada posisi crusing maupun loiter beberapa kali sampai akhirnya landing dengan mulus juga, pada uji terbang berikutnya akan ditempatkan autonomous system di dalam system elektroniknya.

Airborne RS

Airborne RS
Airborne RS
Pada sesi pengujian terakhir dilakukan uji terbang pesawat skywalker untuk persiapan aplikasi pemotretan kubah Gunung Merapi bulan depan. Pengujiannya meliputi pemotretan dengan sistem payload camera lengkap dengan sistem gymbalnya dan terbang selama hampir 1 jam full autonomous dengan mengikuti jalur yang telah ditentukan.

Skywalker
Skywalker
Banyak pengalaman yang didapat dari Uji Terbang pertama ini, dari masalah sistem navigasi arah, sistem uji coba, pemotretan sampai manajemen uji coba untuk autonomous system. Langkah awal ini cukup membuat kita yakin bahwa para engineer mampu menguasai teknologi UAV tersebut.

Mobile TTC System Pustekbang
Mobile TTC System Pustekbang

Sumber : Lapan

Spektrum GEM


The Electromagnetic Spectrum header graphic.

Electromagnetic Waves have different wavelengths

When you listen to the radio, watch TV, or cook dinner in a microwave oven, you are using electromagnetic waves.
A television with antennae.
Radio waves, television waves, and microwaves are all types of electromagnetic waves. They differ from each other in wavelength. Wavelength is the distance between one wave crest to the next.

Diagram showing the top of a wave is a crest, the 
bottom is a trough.

Waves in the electromagnetic spectrum vary in size from very long radio waves the size of buildings, to very short gamma-rays smaller than the size of the nucleus of an atom.
Diagram of the electromagnetic spectrum showing the relationship of wavelengths from radio to gamma waves.
Did you know that electromagnetic waves can not only be described by their wavelength, but also by their energy and frequency? All three of these things are related to each other mathematically. This means that it is correct to talk about the energy of an X-ray or the wavelength of a microwave or the frequency of a radio wave. The electromagnetic spectrum includes, from longest wavelength to shortest: radio waves, microwaves, infrared, optical, ultraviolet, X-rays, and gamma-rays.

OTH-Radar

Over-the-horizon radar

From Wikipedia, the free encyclopedia

US Navy Relocatable Over-the-Horizon Radar station
 
Over-the-horizon radar, or OTH (sometimes also beyond the horizon, or BTH), is a design concept for radar systems to allow them to detect targets at very long ranges, typically up to thousands of kilometres. Several OTH radar systems were deployed starting in the 1950s and 60s as part of early warning radar systems, but these have generally been replaced by airborne early warning systems instead. OTH radars have recently been making something of a comeback, as the need for accurate long-range tracking becomes less important with the ending of the Cold War, and less-expensive ground based radars are once again being looked at for roles such as maritime reconnaissance and drug enforcement.

Technology

Radio waves, a form of electromagnetic radiation, tend to travel in straight lines. This generally limits the detection range of radar systems to objects on their horizon due to the curvature of the Earth. For example, a radar mounted on top of a 10 m (33 ft) mast has a range to the horizon of about 13 kilometres (8.1 mi), taking into account atmospheric refraction effects. If the target is above the surface this range will be increased accordingly, so a target 10 m (33 ft) high can be detected by the same radar at 26 km (16 mi). In general it is impractical to build radar systems with line-of-sight ranges beyond a few hundred kilometres. OTH radars use various techniques to see beyond the horizon, making them particularly useful in the early warning radar role.

US Navy Relocatable Over-the-Horizon Radar station
 
A method of design for an OTH radar is the use of ionospheric reflection. Given certain conditions in the atmosphere, radio signals broadcast up towards the ionosphere will be reflected back towards the ground. After reflection off the atmosphere, a small amount of the signal will reflect off the ground back towards the sky, and a small proportion of that back towards the broadcaster. Only one range of frequencies regularly exhibits this behaviour: the high frequency (HF) or shortwave part of the spectrum from 3 – 45 MHz. Given certain conditions in the atmosphere, radio signals in this frequency range will be reflected back towards the ground. The "correct" frequency to use depends on the current conditions of the atmosphere, so systems using ionospheric reflection typically employ real-time monitoring of the reception of backscattered signals to continuously adjust the frequency of the transmitted signal. Given the losses at each reflection, this "backscatter" signal is extremely small, which is one reason why OTH radars were not practical until the 1960s, when extremely low-noise amplifiers were first being designed.
Since the signal reflected from the ground, or sea, will be very large compared to the signal reflected from a "target", some system needs to be used to distinguish the targets from the background noise. The easiest way to do this is to use the Doppler effect, which uses frequency shift created by moving objects to measure their velocity. By filtering out all the backscatter signal close to the original transmitted frequency, moving targets become visible. This basic concept is used in almost all modern radars, but in the case of OTH systems it becomes considerably more complex due to similar effects introduced by movement of the ionosphere itself.
The resolution of any radar depends on the width of the beam and the range to the target. For example a radar with a 1/2 degree beamwidth and a target at 120 km (75 mi) range will show the target as 1 km (0.62 mi) wide. Because of the long ranges at which OTH radars are used, the resolution is typically measured in tens of kilometres. This makes the backscatter system almost useless for target engagement, although this sort of accuracy is more than adequate for the early warning role. In order to achieve a beamwidth of 1/2 degree at HF, an antenna array several kilometres long is required.

History

Much of the early research into effective OTH systems was carried out under the direction of Dr. William J. Thaler at the Naval Research Laboratory; The work was dubbed "Project Teepee" (Thaler's project). Their first experimental system, MUSIC (Multiple Storage, Integration, and Correlation), became operational in 1955 and was able to detect rocket launches 600 miles (970 km) away at Cape Canaveral, and nuclear explosions in Nevada at 1,700 miles (2,700 km). A greatly improved system, a testbed for an operational radar, was later built in 1961 as MADRE (Magnetic-Drum Radar Equipment) at Chesapeake Bay. As the names imply, both systems relied on the comparison of returned signals stored on magnetic drums, then the only high-speed storage systems available.
The first truly operational development was an Anglo-American system known as Cobra Mist. Built starting in the late 1960s, Cobra Mist used an enormous 10 MW transmitter and could detect aircraft over the western USSR from its location in Suffolk. When the system started testing in 1972, however, an unexpected source of noise proved to render it unusable. They eventually abandoned the site in 1973, the source of the noise never having been identified.[citation needed]
The Soviet Union was also working on similar systems during this time, and started operation of their own experimental system in 1971. This was followed shortly thereafter by the first operational system, known in the west as Steel Yard, which started operation in 1976.[citation needed]

Alternate OTH approaches

Another common application of over-horizon radar uses surface waves, also known as groundwaves. Groundwaves provide the method of propagation for medium-wave AM broadcasting below 1.6 MHz and other transmissions at lower frequencies. Groundwave propagation gives a rapidly decaying signal at increasing distances over ground and many such broadcast stations have limited range. However seawater, with its high conductivity, supports groundwaves to and from distances of 100 km or more. This type of radar, surface-wave OTH, is used for surveillance and operates most commonly between 4 and 20 MHz. Lower frequencies enjoy better propagation but poorer radar reflection from small targets, so there is usually an optimum frequency that depends on the type of target being detected.
An entirely different approach to over-the-horizon radar is to use creeping waves or electromagnetic surface waves at much lower frequencies. Creeping waves are the scattering into the rear of an object due to diffraction, which is the reason both ears can hear a sound on one side of the head, for instance, and was how early communication and broadcast radio was accomplished. In the radar role, the creeping waves in question are diffracting around the Earth itself, although processing the returned signal is quite difficult. Development of such systems became practical in the late 1980s due to the rapidly increasing processing power available. Such systems are known as OTH-SW, for Surface Wave.
The first OTH-SW system deployed appears to be a Soviet system positioned to watch traffic in the Sea of Japan, while a newer system has recently been used for coastal surveillance in Canada. Australia has also deployed a High Frequency Surface Wave Radar[11].

Kemandirian

Kemandirian Industri Pertahanan
 
 
Kamis, 26 April 2012 | 02:19 WIB

Oleh : Andi Widjajanto

         Perkembangan industri pertahanan di negara-negara Asia Timur menunjukkan adanya tiga model utama industri pertahanan: kemandirian, produksi ceruk, dan model rantai logistik global. Model kemandirian diterapkan oleh suatu negara yang berambisi mendapatkan kemandirian pertahanan. Kemandirian pertahanan ini diukur dari (1) kapasitas negara untuk menguasai teknologi militer yang dibutuhkan untuk membuat sistem senjata, (2) kapasitas finansial nasional untuk membiayai produksi sistem senjata, serta (3) kapasitas industri nasional untuk memproduksi sistem senjata di dalam negeri. Model ini akan tercapai jika suatu negara mampu memiliki minimal 70 persen kapasitas teknologi, finansial, dan produksi sistem senjata.
           Untuk mencapai kemandirian pertahanan, suatu negara harus mengembangkan rencana strategis pertahanan jangka panjang. Komitmen jangka panjang tersebut, misalnya, tampak dari rencana China untuk memproyeksikan diri menjadi kekuatan hegemonik pada tahun 2050.
Model kedua adalah model produksi ceruk yang cenderung diterapkan oleh negara yang berupaya mengurangi ketergantungan senjata terhadap produsen luar negeri. Caranya dengan mengembangkan kapasitas nasional untuk menguasai teknologi militer utama. Penguasaan teknologi militer ini terutama diarahkan untuk membantu negara tersebut mengembangkan delapan sistem senjata konvensional, yaitu (1) senjata kecil dan ringan, (2) tank kelas utama, (3) kapal perang permukaan, (4) kapal selam, (5) pesawat tempur, (6) helikopter serbu, (7) rudal, dan (8) sistem komunikasi dan penginderaan militer. Untuk menerapkan model ini, suatu negara harus memiliki komitmen melakukan investasi ke sektor industri pertahanan, terutama dengan berupaya mendapatkan transfer teknologi militer dari produsen senjata yang mapan. Strategi ini, misalnya, secara efektif dilakukan Korea Selatan untuk mengembangkan kapal perang permukaan, kapal selam, tank, dan pesawat tempur.
        Model rantai produksi global merupakan model ketiga, yang cenderung dilakukan oleh negara-negara yang telah memiliki basis teknologi militer yang mapan, tetapi tidak memiliki akses besar terhadap pasar senjata internasional. Ketiadaan akses ini membuat negara-negara tersebut melakukan proses rasionalisasi produksi senjata dengan cara mengintegrasikan produksi senjatanya ke suatu konsorsium industri pertahanan global. Rasionalisasi ini dilakukan dengan tiga metode utama. Pertama, penciptaan konsorsium industri senjata di tingkat regional atau global. Kedua, mobilisasi sumber finansial dari sektor swasta lintas negara untuk membiayai investasi ke sektor industri pertahanan. Ketiga, penyebaran teknologi militer dari produsen senjata utama ke anggota konsorsium.
         Model ini, antara lain, dilakukan oleh Australia yang telah mengonsolidasikan Australian Defense Industry dengan Thales (Perancis), Australian Aerospace Industry dengan EADS, dan Tenix Defense dengan BAE (Inggris). Hal serupa dilakukan oleh Singapura dengan mengembangkan kerja sama antara Thales dan Singapore Technologies Engineering (STEngg) untuk membuat komponen-komponen sistem komunikasi dan penginderaan bagi kapal perang Fregate kelas Lafayette. Kerja sama ini tidak hanya menjadikan STEngg sebagai bagian dari rantai produksi Thales, tetapi juga bagian dari rantai produksi kapal perang Eropa yang memanfaatkan teknologi dari Thales.

Opsi untuk Indonesia
          Dari tiga model yang ada, model kemandirian merupakan model ideal untuk melakukan modernisasi pertahanan. Model ini hanya bisa dicapai oleh negara-negara yang memiliki status atau berambisi menjadi kekuatan utama dunia yang ditopang oleh postur militer yang besar. Untuk dapat menerapkan model kemandirian, empat strategi harus diterapkan Indonesia. 
            Strategi pertama, merumuskan rencana strategis pertahanan jangka panjang. Rencana strategis ini harus bisa menggambarkan tiga perencanaan utama. Pertama, evolusi kekuatan militer Indonesia menjadi kekuatan utama di Asia Timur. Evolusi ini tidak saja menggambarkan target pemenuhan kekuatan pertahanan minimal 2024, tetapi juga rencana pengembangan postur pertahanan hingga 2050. Kedua, cetak biru revitalisasi industri pertahanan yang berisi kebijakan umum pengembangan industri pertahanan, strategi revitalisasi industri pertahanan 2024, dan program kerja kemandirian industri pertahanan 2050. Ketiga, rencana pengadaan persenjataan militer 2024 yang dipilah dalam bentuk rencana pengadaan 2012-2014, 2014-2019, dan 2019-2024.
           Strategi kedua, membentuk komitmen politik anggaran jangka panjang untuk menjamin kesinambungan program pengembangan industri pertahanan. Komitmen politik anggaran ini dilakukan dengan menetapkan target alokasi anggaran pertahanan terhadap produk domestik bruto (PDB) yang secara bertahap dinaikan dari 1 persen pada tahun 2014 menuju 2,5 persen pada tahun 2024. Komitmen politik anggaran ini juga harus disertai perumusan kontrak-kontrak pengadaan jangka menengah yang bersifat mega-proyek dari pemerintah ke industri pertahanan. Mega-proyek ini diarahkan untuk membangun sistem senjata konvensional, seperti pesawat tempur, kapal perang permukaan, kapal selam, tank, helikopter serbu, dan rudal, dalam jumlah besar sehingga dapat memberikan kepastian dan kesinambungan proses produksi untuk industri pertahanan nasional. Nilai nominal kontrak pengadaan ini juga harus secara bertahap ditingkatkan dari 10 persen nilai seluruh pengadaan senjata pada tahun 2014 menjadi minimal 30 persen pada tahun 2024.
      Strategi ketiga, melakukan konsolidasi industri pertahanan nasional dengan cara menetapkan dua konsorsium strategis: konsorsium industri penerbangan nasional serta konsorsium industri pertahanan dan maritim nasional. Kedua konsorsium ini harus membentuk rantai produksi persenjataan militer nasional yang melibatkan industri nasional lain, termasuk industri menengah-kecil.
         Strategi keempat, merintis aliansi industri pertahanan di tingkat regional dan global. Strategi ini memperbesar kemungkinan bagi Indonesia untuk secara cepat mengadopsi teknologi militer terkini ke dalam proses pengadaan persenjataan militer. Proses adopsi teknologi ini merupakan metode untuk menerapkan model produksi ceruk yang dapat dijadikan tahapan transisi untuk mencapai kemandirian pertahanan Indonesia.
Aliansi ini juga dibentuk untuk memperbesar akses pasar senjata yang memungkinkan industri pertahanan nasional menjadi bagian dari rantai produksi global. Metode ini mengandalkan penerapan model rantai logistik global yang juga dapat dijadikan tahapan transisi bagi pengembangan industri pertahanan nasional.

Andi Widjajanto Dosen Teknologi Senjata, FISIP Universitas Indonesia

Roket Nasional

Mandiri dengan R-Han 122

 ☮ Roket Pertahanan

Memiliki wilayah luas dengan belasan ribu pulau yang terpencar, Indonesia mengembangkan sistem pertahanan yang strategis untuk mengamankannya. Salah satu sarananya adalah roket. Kemandirian di bidang peroketan mulai dibangun dengan merintis pembuatan roket pertahanan R-Han 122.
Rancang bangun dan rekayasa roket pertahanan merupakan upaya Indonesia membangun kemandirian dalam pengadaan alat utama sistem pertahanan. Rintisan dimulai lewat prototipe roket pertahanan sistem balistik berdiameter 122 milimeter disebut R-Han 122.

Roket pertahanan ini merupakan derivasi roket eksperimen rancangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), D230 tipe Rx 1210.

Roket eksperimen (Rx) dikembangkan untuk misi nonmiliter, seperti pemantauan cuaca, pemantauan pelayaran, pertanian, bencana, dan observasi untuk perencanaan tata ruang. Roket dimuati radio, kamera, dan sensor. Adapun roket untuk pertahanan (R-Han) dipasang bahan peledak, demikian paparan Hari Purwanto, Staf Ahli Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bidang Hankam.

Sebagai sarana yang dapat digunakan untuk tujuan militer, penguasaan teknologi peroketan tak mudah. Penyebarannya dipagari dengan beberapa aturan, antara lain, missile technology control regime dan center for information on security trade control.

Saat ini teknologi hankam tersebut hanya dimiliki negara tertentu. Di Asia negara yang tergolong maju dalam teknologi ini antara lain China, India, Korea Selatan, dan Korea Utara.

Kemampuan rekayasa dan rancang bangun peroketan sampai batas tertentu dimiliki oleh BPPT, Balitbang Kemhan, dan PT LEN Industri. Dengan kemampuan masing-masing lembaga, kata Gunawan Wibisono, Asisten Deputi Menristek Bidang Produktivitas Riset Iptek Strategis, terbentuk Konsorsium Roket Nasional tahun 2007.

Konsorsium terdiri dari Kementerian Ristek, Kementerian Pertahanan, TNI AL, lembaga riset (BPPT dan Lapan), perguruan tinggi (ITB, ITS, UI, UGM, dan Undip), serta industri strategis PT DI, Krakatau Steel, LEN Industri, Pindad, dan Perum Dahana. Konsorsium inti terdiri atas beberapa plasma yang menangani riset material, mekatronika, dan sistem kontrol atau kendali.

Kementerian Ristek menyediakan dana insentif untuk pembuatan prototipe roket. PT DI melaksanakan pengembangan struktur dan desain roket. PT Krakatau Steel menyediakan material untuk tabung dan struktur roket. Bahan bakar roket, yakni propelan, disediakan PT Dahana.

Bagian PT DI adalah membangun sarana peluncur roket dan sistem penembaknya dengan laras sebanyak 16. Kendaraan yang digunakan sebagai anjungan untuk peluncuran adalah jip GAZ buatan Rusia, Nissan Jepang, dan Perkasa buatan Tata, India.
 
 ☮ Muatan teknologi

Meski bentuk roket sederhana, tabung bermoncong lancip, pembuatannya tidak sederhana. Di dalamnya termuat berbagai komponen berteknologi mutakhir, seperti material maju, mekatronika, dan propulsi.

Dibandingkan roket generasi lama, R-Han 122 mengalami beberapa pengembangan desain dan material. Pada roket eksperimen menggunakan baja. Pada R-Han digunakan aluminium dan karbon yang dua kali lebih ringan. Bahan itu lebih tahan panas. Untuk menjaga kestabilan dan daya jangkau yang tinggi, material yang digunakan harus tahan terhadap suhu 3.000 derajat celsius, kata Ketua Program Penggabungan Roket Nasional Sutrisno.

Pengembangan lain pada konstruksi roket, pada versi terdahulu, roket menggunakan sirip tetap. Untuk meluncurkan, roket harus ditumpangkan pada peluncur dilengkapi rel. Pada roket generasi baru dipasang sirip lipat yang dilengkapi pegas yang akan menegakkan sirip secara otomatis setelah keluar dari tabung peluncur.

Pada roket terdahulu, tabung propelan diisi langsung dan terikat permanen di tabung roket. Kini tabung propelan dibuat terpisah dan diberi lapisan isolasi termal. Saat ini bahan propelan masih diimpor. Untuk membangun kemandirian, pabrik propelan akan dibangun PT Dahana.

Untuk wahana peluncur, dilakukan modifikasi kendaraan jip berbobot 2,5 ton dan truk berkapasitas 5 ton. Dirancang pula bangun unit peluncur yang memuat 16 roket dan mampu meluncurkan secara otomatis sejumlah roket tersebut dengan hanya menekan satu tombol.
 
 ☮ Uji peluncuran
Adi Indra Hermanu, Kepala Subbidang Analis Teknologi Hankam Kementerian Ristek, menyatakan, uji coba peluncuran roket R-Han 122 dilaksanakan akhir Maret di Baturaja, Sumatera Selatan. Sebanyak 50 roket diluncurkan di hutan lindung itu. ”Roket R-Han 122 yang diluncurkan rata-rata mampu melesat dengan kecepatan 1,8 mach atau 2.205 km per jam,” ujarnya.

Pada tahap peluncuran, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berperan mengoperasikan sistem radar untuk memantau posisi jatuh roket. ITB memasang sistem kamera nirkabel untuk merekam gambar saat roket meluncur sampai di lokasi sasaran.

Dalam penggunaannya, R-Han 122 pada tahap awal akan menjadi senjata dengan sasaran target di darat yang berjarak tembak 15 km. Roket ini akan digunakan TNI AL untuk pengamanan pantai.

Menurut Sonny S Ibrahim, Asisten Direktur Utama PTDI, tahun ini tahap pengembangan teknis selesai. Persiapan industrialisasi saat ini sudah 80 persen.

(Sumber: Kompas, 31 Mei 2012/ humasristek)

RBS-15 Missile

RBS-15

From Wikipedia, the free encyclopedia

RBS-15
Rb15.JPG
RBS-15 on right
Type Fire-and-forget
anti-ship and land attack
Place of origin Sweden
Service history
In service 1985- present
Used by See operators
Production history
Manufacturer Saab Bofors Dynamics, Diehl BGT Defence
Specifications
Weight 800 kg
Length 4.33 m
Diameter 50 cm

Warhead 200 kg HE blast and pre-fragmented
Detonation
mechanism
impact or proximity

Engine turbojet
Wingspan 1.4 m
Operational
range
250 km
Flight altitude sea skimming
Speed subsonic
Guidance
system
inertial, GPS, active radar (J band)
Launch
platform
naval ships, aircraft and land-based missile launchers
The RBS-15 (Robotsystem 15) is a long-range fire-and-forget surface-to-surface and air-to-surface, anti-ship missile. The later version Mk. III has the ability to attack land targets as well. The missile was developed by the Swedish company Saab Bofors Dynamics.

History

The Swedish Navy was pioneering anti-ship missiles with the Halland Class of destroyers using the RB08 missile since the early 1960s. Owing to the Defence decision of 1958 the main effect for the navy was a restructuring into a lighter force consisting of FAC vessels and a halt to destroyer procurement. This posed a problem as the existing RB08 missile required launch rails and a missile magazine in the destroyers, taking up space that was simply not there on smaller ships. Adding to the problems, each missile had to be individually prepared for launch and only two missiles could be on the launch rails at the same time. In comparison, the STYX missile used by the Soviet Union (which was the expected adversary) stored the missiles in individual containers on deck which left the missiles immediately available for launch. Tests were carried out on Plejad class FACs with a single bow mounted RB08 in the late 1960s, but these tests came to nothing.
HMS Smaland, radar and two RB 08 Missiles
The origin of the missile was an attempt by SAAB to take an order for anti-ship missiles to equip the Norrköping class FACs of the Swedish navy. The missile was first presented in 1978 as under the project name "RB 04 Turbo" a development of the air force RB 04E missile with a turbofan engine changed wing configurations and start rockets to take off from land. The initial proposal was rejected as inferior to the Harpoon. The project under the leadership of Hans Ahlinder then worked out a proposal for a missile with greater capabilities and superior performance to the Harpoon. As a way to indicate that it was a new weapon the project name was changed from "RB 04 Turbo" to "RBS-15"
RB04 Missile
 
The first weapon contract was signed in 1979, at the last minute the Swedish government had opted not to buy the Harpoon anti-ship missile and opting for an indigenous design. The first missiles were delivered to the Navy in June of 1984, and the ship version RBS-15 Mk. I was introduced.
RBS-15 Mk 1 on Swedish 
 
Missile Boat HMS Västervik
The missile had been ordered in 1984 by the Swedish Navy to develop a coastal defense version of the RBS-15F. The missile was taken into Swedish Navy service as the Rb 15 by the Swedish Navy and became operational in 1985. The Swedish Air Force received their missiles a couple of years later. The Mk. I was produced from 1985 to 1990.
Work on a further developed version, the RBS-15 Mk. II, was initiated in the early 1980s. But it took until 1994, before a development contract was signed for the upgraded anti-ship missile. The Mk. II has the same range (70+ km), but the mid-course and terminal guidance system, as well as the radar and IR signature were upgraded. The Mk. II has been produced since 1998.
The development of the RBS-15 Mk. III began in the mid-1990s. Emphasis was put on increased range (due to larger fuel capacity and new fuel the range has been increased to some 200 km), improved accuracy (integrated GPS) and selectable priority targeting, which improved the weapon system's flexibility. The Mk. III missile will also be produced by Diehl BGT Defence of Germany for the new class of German stealth corvettes, and is likely to be later used on other German Navy vessels as well. Finnish truck maker Sisu produces missile launch trucks for RBS-15. The Mk. III has been in production since 2004.

Development phase

The missile was developed from the RB 04 missile that was used by the Swedish air force. The front of the missile was retained, including the warhead, but the rear received new wings and a turbofan engine replaced the rocket previously used. The RBS-15 underwent trials on the missile FAC HMS Piteå from 1983 and became operational with the Swedish Navy in 1985. The Västergötland class submarines were projected to have 4 vertical missile launch tubes for RBS-15 missiles in an extended hull but this was canceled due to budget constraints and it didn't fit the way Swedish submarines operated.

Versions

RBS-15 Mk. I
Powered by a French Microturbo TRI-60 engine, with a thrust of 3.73 kN (380 khp/830 lbf). Range 70+ km
RBS-15F
An Mk. I adapted for air launch. Entered service in 1989.
RBS-15 Mk. II
Range 70+ km. Designed to be launched from a number of different platforms, such as land-based launchers, aircraft, and ships.
RBS-15SF
Mk. II version for Finland. Local designation MTO 85 (Meritorjuntaohjus 1985)
RBS-15 Mk. III
Range 200 km, with land attack capability. There is only a ship launched version. Production started in 2004. New Oval launch tubes instead of the old box type.
RBS-15SF-3
Both new Mk. IIIs and upgraded Mk. IIs, which have been upgraded to Mk. III standard. Finnish designation MTO 85M
RBS-15 Mk. IV
Currently being developed. Incorporates dual seekers, has a longer range and new missile link system. The radar signature has been reduced and its warhead can be changed depending on the mission. Future upgrades may include concept optimization for sea or land targets. The range of the Mk. IV would have to be significantly larger than others versions, over 1 000 km.