MEWUJUDKAN TNI ANGKATAN LAUT YANG KUAT DAN DISEGANI

Minggu, 17 Juni 2012

Alokasi anggaran Alutsista

Kemenhan Siapkan Rp150 Triliun untuk Alutsista Hingga 2014

Selasa, 29 Mei 2012 - 16.57 WIB
wamenhan2
Wamenhan RI Sjafrie Sjamsoeddin. 
Kementerian Pertahanan mengalokasikan anggaran sampai Rp150 triliun untuk pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) hingga 2014. Dengan anggaran sebesar itu diharapkan bisa dibangun kemandirian pengadaan alutsista yang modern.  
Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI Sjafrie Sjamsoeddin dalam kunjungannya ke PT. PAL mengatakan anggaran tersebut diantaranya digunakan untuk pengadaan alat bergerak seperti kendaraan dan tidak bergerak seperti alat komunikasi. 
"Kendaraan bergerak misalnya kendaraan tempur, heli angkut, kapal perang termasuk kapal patroli mulai yang 28 meter hingga 43 meter dan targetnya kami bisa segera memiliki 60 meter yang dipasang dengan peluru kendali," ujarnya di Surabaya, Selasa (29/05).
 Selain itu, untuk TNI AL juga dilengkapi kapal multirole light frigates. Sedangkan TNI AU akan disiapkan pesawat tempur, pesawat transpor dan heli anti kapal selam. 
"Pengadaan alutsista ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan dan kedaulutan negara," tambahnya. 
Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksdya TNI Marsetio menambahkan, hingga 2014 nantinya akan alutsista angkatan bersenjata Indonesia akan dperkuat dengan 3 Kapal Cepat Rudal (KCR), 2 kapal PCM, 11 unit helikopter anti kapal selam, 6 helikopter anti kapal permukaan, helikopter angkut dan 54 tank amfibi. Sedangkan hingga 2024 pengadaan yang dilakukan diantaranya 151 kapal perang dan 333 kendaraan tempur. 
"Itu untuk jangka panjang," ujarnya.
 Direktur PT PAL Indonesia (Persero), Muhammad Firmansyah Arifin mengatakan, untuk mendukung upaya modernisasi alutsista, PT PAL Indonesia (Persero) telah menyeleksi 300 orang putera daerah. 
"Seleksi awal memang ada 300 orang dan kami seleksi menjadi 150 orang. Kemudian, mereka yang terpilih akan kami kirim ke Korea Selatan guna mengikuti transfer teknologi di sana," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar